Membanggakan, Pembalap Honda Asal Jatim Joki Permanen GP Moto3 Musim 2022

mario aji

Surabaya, Otojatim.com – Hasil binaan PT Astra Honda Motor (AHM) mengantarkan pembalap berbakat asal Jatim berlaga di MotoGP. Mario Suryo Aji jebolan Astra Honda Racing Team menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Moto3 pada musim 2022, bersama dengan Honda Team Asia (HTA).

Turun di lintasan GP Moto3 tahun ini sebagai pebalap wildcard, Mario dipastikan berlaga satu musim penuh tahun depan di kelas yang sama. Mario akan tandem bersama Taiyo Furusato, pembalap asal Jepang. Mario akan membawa nama Indonesia di kancah balap dunia sebagai bintang dari Asia.

Dukung Pembalap Indonesia Mario SA, MPM Honda Jatim Ajak Komunitas Nobar MotoGP

Lahir di Magetan, Jawa Timur, pemuda 17 tahun ini digembleng Astra Honda Racing School (AHRS) pada 2016. AHRS merupakan program tingkat dasar pembalap berjenjang dari AHM untuk mengembangkan bakat-bakat muda Indonesia. Dengan performa yang moncer, kesempatan untuk berprestasi di kelas yang lebih tinggi pun semakin terbuka.

Di 2017, Mario turun di ajang Thailand Talent Cup. Aksinya yang gemilang membuatnya didapuk menjadi pebalap inti AHRT di Asia Talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada 2018. Di balapan ATC, Mario bertengger di 5 besar.
pembalap moto3 indonesia
Konsistensi membawa Mario berlaga di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship pada 2019. Di musim ketiga, prestasi semakin membaik dengan Finish keempat pada seri Estoril dan pole position di seri Catalunya di musim 2021.

Kesempatan emas datang dengan menjadi pembalap wildcard di ajang GP Moto3 seri Misano dan Algarve.

Pembalap Astra Honda, Mario Aji Tampil Impresif di Sesi Latihan GP Moto 3 Misano

"Sejak masuk pembinaan Astra Honda Racing School di usia 12 tahun, mimpi tertinggi saya adalah masuk di Grand Prix. Hal ini juga impian Almarhum Ayah. Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan emas, konsisten, belajar dan membuat kemajuan di setiap putaran adalah target saya. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, terutama keluarga, sejak pertama kali balapan. Ini adalah perjuangan untuk mewujudkan impian Almarhum Ayah pada Mario.,” ujar Mario.

Andy Wijaya selaku GM Marketing and Planning Analysis AHM,  mengatakan apa yang dicapai Mario dalam kancah balap dunia merupakan bukti wujud keberhasilan program pembinaan yang terstruktur dari perusahaan dalam mencetak prestasi kelas dunia.
honda team asia
“Ada Dimas Ekky Pratama, Gerry Salim dan Andi Gilang Izdihar, kini Mario menjadi pembalap keempat binaan AHRT yang mampu menembus Grand Prix. Perjuangan semua pihak membuahkan hasil yang manis. Semoga mental juara yang dimiliki Mario dapat menginspirasi generasi muda Indonesia lainnya dalam menggapai mimpi mengukir prestasi,” ujar Andy.

Sementara itu Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim, mengatakan sangat bangga Mario SA putra daerah Jawa Timur berhasil menjadi satu- satunya perwakilan Indonesia di GP Moto 3.

"Kami mendukung agar Mario bisa sukses meraih gelar juara. Semoga keberhasilannya ini bisa menginspirasi pembalap Jatim untuk lebih banyak berprestasi di level nasional dan dunia," tutup Suhari.(*)
LihatTutupKomentar