iklan jual beli mobil

Honda Festival Vokasi Satu Hati 2025: Membangun Talenta Otomotif Masa Depan

OTOJATIM - PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim), sebagai distributor sepeda motor Honda di wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT), bekerja sama dengan PT Astra Honda Motor (AHM), mengadakan Festival Vokasi Satu Hati 2025.

Siswa SMK mengikuti seleksi Festival Vokasi Satu Hati 2025 di MPM Learning Centre Jawa Timur


Ajang ini ditujukan bagi 100 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TSM) Astra Honda di kedua wilayah tersebut, dan berlangsung dari September 2024 hingga Februari 2025.

Festival ini diselenggarakan secara bertingkat, dimulai dari seleksi di tingkat sekolah, regional, hingga nasional. Peserta festival terdiri dari siswa kelas XII dan guru program studi TBSM yang telah mengikuti pelatihan dasar teknik sepeda motor. Pada seleksi tingkat sekolah, yang dilaksanakan di masing-masing SMK, peserta menunjukkan keterampilan mereka untuk lolos ke seleksi regional yang berlangsung di MPM Learning Centre.

Seleksi regional pada bulan September hingga Oktober 2024 diikuti oleh 100 siswa dan 100 guru dari SMK binaan MPM Honda Jatim. Dari sini, lima siswa dan tiga guru terbaik akan mewakili MPM Honda Jatim di tingkat nasional, bersaing dengan 40 siswa dan 27 guru dari seluruh Indonesia. Tahap final ini akan diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor pada Februari 2025.

Festival Vokasi Satu Hati bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga bagian dari komitmen sinergi antara bisnis otomotif Honda dan Dunia Usaha serta Dunia Industri (DUDI). Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan keterampilan mereka, baik dalam teknologi sepeda motor berbahan bakar konvensional maupun teknologi sepeda motor listrik yang semakin berkembang.

Dalam festival ini, peserta dihadapkan pada berbagai tantangan yang menguji kemampuan mereka dalam menganalisis masalah mesin, kelistrikan, rangka, dan troubleshooting sepeda motor Honda. Selain itu, guru peserta juga diuji dalam kompetensi pedagogi, sehingga mereka tidak hanya mahir dalam aspek teknis, tetapi juga mampu mengajar dengan efektif.

HR & GA Division Head MPM Honda Jatim, Rita Djohar, menyatakan bahwa Festival Vokasi Satu Hati merupakan perwujudan semangat MPM Honda Jatim dalam mendukung pendidikan vokasi. “Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri, kami berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan vokasi melalui berbagai program seperti pelatihan dan kontes ini yang bertujuan mengembangkan talenta muda dalam bidang otomotif,” ungkapnya.

Di tingkat regional, berikut adalah para pemenang yang berhasil meraih penghargaan:

Kategori Siswa:
Juara 1: Akrim Puji Santoso (SMKN 1 Jenangan)
Juara 2: Habsy Kamalal (SMKN 1 Badegan)
Juara 3: Radhitya Puja Hermawan (SMKN 1 Baureno)
Harapan 1: Septian Nurussya’ban (SMKN 1 Gempol)
Harapan 2: M Reyhan Apriliansyah (SMKN 1 Jatirejo)

Kategori Guru:
Juara 1: Rizky Arrohman (SMK Al Huda)
Juara 2: Bayu Dadang P (SMKN 1 Jenangan)
Juara 3: M Agris Muqtavin (SMK PGRI 1 Kediri)

Dengan hadirnya Festival Vokasi Satu Hati 2025, diharapkan semakin banyak generasi muda yang memiliki keterampilan unggul di dunia otomotif, siap menghadapi tantangan industri yang terus berkembang, termasuk inovasi di sektor sepeda motor listrik.

LihatTutupKomentar