Guru Binaan MPM Honda Jatim, Juara Kontes Guru Online 2021

kontes guru kreatif online 2021

Surabaya, Otojatim.com - Hendri Nurcahyo dari SMK Negeri 1 Badegan, guru SMK binaan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT, menjadi juara Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) pada Kamis (23/9).

Hendri bersyukur atas kemenangan dalam kontes ini. Ia berharap pencapaiannya bisa menjadi motivasi untuk terus berkarya melalui kreativitas mengajar sehingga meningkatkan semangat siswa-siswanya. 

"Sebenarnya ini hanya upaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa, walaupun secara daring. Berkat kontes ini, saya bisa mengasah keterampilan mengajar yang saya punyai, dan akhirnya mendapatkan apresiasi," tukas Hendri, guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Badegan, Ponorogo.

Lomba ini memberikan inspirasi dalam pengelolaan materi ajar yang menarik dan efektif bagi siswa sehingga menghasilkan pendidikan vokasi yang berkualitas.

“Selamat kepada Pak Hendri atas kemenangannya. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi guru-guru dan sekolah yang lainnya. Semoga metode yang diterapkan dapat membantu proses belajar mengajar," kata Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim

Di tahap regional kontes ini diikuti oleh 2.007 guru SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia selama periode Juni - Agustus 2021 dan minimal telah mengikuti pelatihan modul dasar.

Ajang ini berhasil menyaring 27 guru terbaik perwakilan berbagai provinsi yang siap bersaing di level nasional. Pada final 23-28 Agustus 2021 secara daring, terpilih 3 guru inspiratif dengan kreasi mengajar terbaik.

Dalam menguji proses mengajar, para guru peserta kontes wajib membuat video bahan ajar berdurasi 30 menit dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK TBSM.

Para peserta dinilai berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum. Untuk video tutorial terkait teknologi sepeda motor Honda, penilaian dilihat dari sisi kualitas, konten video, dan cara mempresentasikan materi ajar dengan durasi video 10 menit.

SMK Binaan yang Teruji
Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Saat ini, AHM telah memiliki 694 SMK binaan Astra Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, dan tercatat 3.462 guru produktif di seluruh SMK TBSM Astra Honda.(*)
LihatTutupKomentar