Lengkap! Ini Jadwal Servis dan Ganti Komponen Motor Ala Honda

 


Sidoarjo, Otojatim.com - Demi merawat performa kendaraan bermotor agar selalu prima dan aman, pemilik harus rajin melakukan servis ataupun pergantian spare part. Berikut ini komponen sepeda motor yang perlu dicek dan diganti secara berkala.

Ganti Oli Gardan dan Filter Udara
Penggantian pada oli mesin dan oli transmisi harus dilakukan secara rutin setiap jarak tempuh dengan kelipatan 8.000 km. Sedangkan filter udara sebaiknya diganti setiap 16.000 km guna menjaga kesempurnaan pembakaran & mengoptimalkan tenaga engine (tenaga besar tapi tetap irit bahan bakar).

Lakukan Pemeriksaan CVT Secara Berkala
Perawatan CVT (Continous Variable Transmission) merupakan kunci utama performa skutik. V-belt yang merupakan komponen utama pada CVT berperan penting dalam menghubungkan puli primer (penggerak) dengan puli sekunder (yang digerakkan). Kondisi V-Belt inilah yang harus diperiksa berkala setiap 8.000 km dan umum nya usia pemakaian V-belt sampai dengan 24.000 km.

Kampas Rem
Jika kampas rem semakin menipis atau sudah aus, maka harus segera dilakukan pergantian. Komponen ini biasanya diganti ketika motor telah menempuh jarak 20.000 km.

Pergantian Busi
Busi berperan sebagai pemantik api agar pembakaran mesin bekerja. Jika busi kotor, maka proses kerjanya akan terhambat. Untuk menghindari hal ini, busi biasanya diganti setiap jarak tempuh 8.000km.

Periksa Tegangan Aki
Aki yang berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan pada sepeda motor, juga perlu diperiksa secara rutin. Biasanya jika motor dipakai setiap hari, maka aki perlu diganti setiap 1,5 - 2 tahun.

Lampu Kendaraan
Lampu kendaraan juga ternyata punya batas usia pemakaian. Jika sudah redup atau bahkan mati, maka segera lakukan pergantian. Sebab meski terkesan sepele, lampu memegang peran yang cukup vital.

Cek Kondisi Ban
Idealnya usia ban motor yang direkomendasikan maksimal adalah 2 tahun atau sudah mencapai batas pemakaian 12.000 km. Selebihnya, disarankan untuk segera diganti walaupun tingkat ban belum aus.

“Dengan melakukan pengecekan rutin, sepeda motor Anda akan selalu prima dan gesit. AHASS menyediakan layanan servis dengan jaminan oli dan part asli Honda, yang ditangani langsung oleh teknisi andal dan bersertifikasi Honda,“ kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

LihatTutupKomentar