iklan jual beli mobil

Pastikan Motor Honda Prima Saat Musim Hujan, Cek 5 Komponen Ini

  • Musim hujan tiba. Pastikan komponen motor Honda Anda dalam keadaan prima agar terhindar dari hal yang tak diinginkan. 

Sidoarjo, Otojatim.com - Musim hujan membuat pengguna sepeda motor harus ekstra waspada dan mempersiapkan lebih banyak hal sebelum berkendara.


Pasalnya, curah hujan yang tinggi akan membuat jalanan lebih licin sehingga lebih berbahaya. Selain itu, genangan air juga berpotensi membasahi komponen-komponen pengapian pada sepeda motor.


Agar performa sepeda motor tetap prima dan  terhindar dari hal yang tidak diinginkan, lakukan perawatan seperti berikut ini: 


1. Mencuci Sepeda Motor

Jika motor terkena air hujan, cucilah sepeda motor dengan air bersih agar tidak ada lagi kotoran dan pasir yang tertinggal yang berpotensi merusak komponen. 


2. Periksa Tekanan Angin Ban

Normalnya, tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi pada ban depan, dan 33 psi untuk ban belakang.


Selain itu, cek juga apakah grip pada permukaan ban masih baik atau tidak. Jika ban mulai botak, segera ganti dengan ban baru agar tidak selip saat melewati jalanan basah dan licin.


3. Periksa Komponen Pengereman 

Memeriksa kondisi rem wajib dilakukan dengan rutin, mengingat rem tak hanya penting bagi nyaman tetapi juga vital dalam menjamin keselamatan berkendara. Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kampas rem. 


4. Periksa Kondisi Rantai 

Bagi penggguna sepeda motor tipe cub maupun sport yang masih menggunakan rantai, harus selalu diperiksa dan dirawat. Karena rantai motor yang sering terkena hujan dan kotoran menjadi cepat kering dan mudah berkarat.


Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya. 


5. Periksa Busi dan Tutup (Cop) Busi Motor 

Pastika kondisi busi dan cop busi masih bagus dengan cara memeriksanya secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya air ke busi yang membuat busi tidak berfungsi normal. 


Jika terlihat ada rembesan air, maka segeralah keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut. 


“Lakukan perawatan komponen sepeda motor Honda sesuai dengan ketentuan yang ada di Kartu Perawatan Berkala (KPB). Jangan lupa bawa sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari teknisi tersertifikasi yang andal dan jaminan part serta oli asli Honda," kata M. Bondan Priyoadi, Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

LihatTutupKomentar