iklan jual beli mobil

Tips Persiapan Mudik Lebaran #Cari_Aman dan Nyaman: Mampir Posko Mudik Bale Santai Honda (BSH)

Mudik Aman dengan Sepeda Motor: #cari_Aman di Jalan dengan Tips Ini

Tips Mudik Aman
Jaga Kondisi Tubuh dan Perhatikan Perlengkapan: Tips Mudik Sehat dan Nyaman

Surabaya, Otojatim.com - Tradisi mudik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia, terutama saat Lebaran tiba. Mudik, yang merupakan perjalanan kembali ke kampung halaman, kerap dilakukan dengan berbagai moda transportasi, termasuk sepeda motor.


Demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan mudik, beberapa langkah penting perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Perencanaan Rute. Menentukan jadwal keberangkatan dan rute perjalanan menjadi langkah penting untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman. Pembuatan rencana rute meliputi pemilihan jalan, lokasi pom bensin terdekat, dan tempat istirahat. Untuk mendukung keamanan para pemudik, MPM Honda Jatim telah menyiapkan posko mudik "Bale Santai Honda (BSH)" di sepanjang jalur mudik Lebaran.
  2. Pemeriksaan Kendaraan. Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dengan memeriksa tekanan angin ban dan kampas rem. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan di bengkel resmi AHASS sebelum berangkat. Di Jawa Timur, terdapat 22 titik AHASS Siaga yang tersebar di sepanjang jalur mudik.
  3. Penggunaan Perlengkapan Berkendara. Penggunaan perlengkapan berkendara seperti helm full face atau open face, jaket lengan panjang, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu sangat penting untuk mengurangi risiko cedera selama berkendara. Perlengkapan tambahan seperti jas hujan, kacamata, masker, pelindung dada, siku, lutut, serta kaos kaki juga disarankan. Penting untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  4. Penataan Barang Bawaan. Pastikan barang bawaan tidak melebihi kapasitas maksimal agar perjalanan lebih aman dan nyaman. Jangan lupa untuk mengikat barang bawaan dengan kuat.
  5. Durasi Berkendara. Disarankan untuk tidak berkendara lebih dari 2 jam secara berturut-turut. Setelah 2 jam berkendara, sebaiknya beristirahat di tempat istirahat yang tersedia di sepanjang rute perjalanan. Pemudik dapat beristirahat di Bale Santai Honda (BSH) yang terletak di Jalur Caruban, Desa Sidorejo, Saradan Madiun, SPBU Ngebruk, Kecamatan Sumber Pucung, Malang, dan Rest Area Utama Raya, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo, yang melayani selama 24 jam.
  6. Jaga Kondisi Tubuh. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan tubuh dalam kondisi prima. Selain istirahat yang cukup, perhatikan juga asupan makanan bergizi dan konsumsi vitamin jika diperlukan. Makanan sehat akan menjaga tubuh agar tetap bugar dan kuat selama perjalanan.

"Saat berkendara, selain persiapan yang matang, pengendara sepeda motor juga perlu menguasai teknik berkendara untuk tetap #cari_Aman di jalan, sesuai dengan slogan keselamatan berkendara dari Honda. Dan yang tak kalah penting, patuhi rambu-rambu lalu lintas," ujar Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.(*)


Ikuti berita tentang Honda dari Google News

LihatTutupKomentar