Reinkarnasi Honda Monkey: Desain Kian Klasik, Harga Makin Naik

  • PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan reinkarnasi dari Honda Monkey yang lahir pada tahun 1961 silam. Meskipun desainnya klasik, motor compact yang unik dan nyentrik ini justru dibekali mesin dan fitur modern. Adapun harganya adalah Rp 82.533.000 OTR (On The Road) DKI Jakarta.

Jakarta, Otojatim.com – Memiliki desain klasik yang tak lekang oleh waktu, membuat Honda Monkey terus jadi incaran para kolektor sepeda motor. Hadir sejak tahun 1961, motor compact ini memang diciptakan untuk Anda yang senang tampil unik, fashionable, dan jadi pusat perhatian. 


PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan reinkarnasi dari Honda Monkey dengan beberapa sentuhan baru. Mengusung konsep produk Iconic-Fun Bike, Honda Monkey tetap mempertahankan siluet klasik dari generasi pertama dan ukuran bodi yang compact. Adapaun penyegaran terbaru yang membuatnya berbeda, adalah corak warna jok dan paduan warna pada rangkanya.

  

Pattern garis kotak yang terdiri dari kombinasi tiga warna pada jok membuat kesan klasiknya semakin kental, mengingatkan pada Honda Monkey keluaran 1967. Untuk varian Pearl Nebula Red, corak jok merupakan perpaduan dari warna merah, putih, dan hitam. Sedangkan pada tipe Banana Yellow dan Pearl Shining Black, joknya berwarna hitam, putih, dan abu-abu.


Selain jok, penyegaran juga dilakukan pada warna rangka yang mengikuti tipe pilihan warna. Penyesuaian warna tersebut juga berlaku untuk swingarm, garpu depan, serta sokbreker belakang. Sedangkan pada bagian tangki, kombinasi warnanya lebih netral, antara putih atau silver.  


Thomas Wijaya selaku Marketing Director AHM mengungkapkan bagaimana Honda Monkey selalu mampu memberikan daya pikatnya tersendiri, khususnya pada konsumen yang senang dengan sepeda motor hobi.


”Sekarang ini, komunitas pecinta sepeda motor yang menjadikan berkendara sebagai bagian dari gaya hidup semakin berkembang. Dengan demikian, kehadiran Honda Monkey bisa dijadikan pilihan bagi mereka, terutama pengendara yang mendambakan sepeda motor berdesain everlasting sebagai bagian dari cara mereka mengekspresikan diri,” ujar Thomas.  

Honda Monkey diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1961, meski begitu sepeda motor ini dapat terus bertahan berkat desainnya yang gagah dan dimensinya yang compact, juga bobot yang ringan sehingga sangat menyenangkan untuk dikendarai. 


Meskipun klasik, dapur pacunya justru serba modern dengan performa tangguh dan mudah dikendarai. Honda Monkey dibekali mesin silinder tunggal horizontal 4 percepatan SOHC 125cc yang kuat. Disertakan juga pendingin udara dengan diameter dan panjang langkah 50 x 63,1 serta perbandingan kompresi 10:1, ditunjang dengan teknologi PGM-FI. Perpaduan inilah yang membuat Honda Monkey mampu menghasilkan tenaga maksimal 6,9kW @6.750rpm dan torsi puncak 11Nm @5.500rpm.  

Honda Monkey juga dilengkapi dengan panelmeter digital full LCD berbentuk bulat, speedometernya akan berkedip ketika mesin dinyalakan, odometernya hadir dengan dua trip meter dan 6 bar indikator level bensin.  


Seluruh pencahayaan sudah menggunakan teknologi LED. Bahkan disematkan juga teknologi answer back system untuk mempermudah pengendara mencari lokasi terkini dari sepeda motor ini. Semakin detail, anak kunci didesain dengan wave pattern bermotif logo Classic Wing.  


Honda Monkey memiliki tangki bensin berkapasitas 5,6L dengan permukaan glossy. Posisi tangki bensin diletakkan di atas mesin dan dilengkapi dengan emblem logo Old Wing 3D sehingga kesan legendarisnya semakin menonjol. Sementara setangnya diposisikan tinggi sehingga nyaman saat dikendarai.


Jarak sumbu rodanya adalah 1.145mm. Bobotnya juga terbilang ringan, yakni 104 kg dengan ketinggian jok 775 mm dari permukaan tanah dan ground clearance maksimal 175 mm. Peleknya berdiameter 12 inci dengan pola block, dibalut ban depan berukuran 120/80 dan ban belakang 130/80. 


Pada bagian pengereman, sepeda motor ini memiliki rem cakram depan berdiameter 220 mm dan rem belakang berdiameter 190 mm. Sementara untuk sistem keamanan, Honda Monkey telah dilengkapi dengan ABS satu channel pada sistem pengeremannya dengan Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mencegah ban belakang terangkat ketika ngerem mendadak.  


Soal harga, Honda Monkey dibanderol senilai Rp 82.533.000 OTR (On The Road) DKI Jakarta.

LihatTutupKomentar